Beranda Peristiwa Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende

Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende

65

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke – 75, Tentu ada banyak hal dan inspirasi terlahir dari anak – anak Negeri yang dipersembahkan untuk Tanah Airnya, Tanah Kelahiran dan Tanah Tumpah Darahnya. Dimana Bumi di Pijak, di Situ Langit di Junjung.

Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende 1Ende, NTT |LKN| Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 75 Tahun 2020, ( 17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2020 ), Tak ketinggalan sebuah Desa nun jauh disana terletak dipuncak bukit yakni, Tinabani sebuah Desa diwilayah Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki keunikan tersendiri. Apalagi diera Digital seperti saat ini.

Meskipun situasi saat ini masih dibayang – bayangi dengan pandemi Covid – 19, Namun semangat warga Desa terutama Pemuda dan Pemudi tidak surut. Banyak hal dilakukan warga Desa tersebut dalam menyongsong serta memeriahkan HUT 17 Agustus 2020 tahun ini.

Selain memasang umbul – umbul disemua lorong dalam Desa, Juga dikibarkan Bendera Merah Putih di halaman rumah – rumah warga dan sekolah – sekolah serta tempat – tempat pelayanan publik yang ada di Desa Tinabani tersebut.

Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende 2Kepala Desa Tinabani, Hendrikus Ngati pada malam puncak perayaan HUT Ke – 75 Tahun di Desa Tinabani pada acara Pawai Obor Keliling Desa dan Api Unggun, serta pemutaran Film Layar Lebar tentang Perjuang Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Minggu, 16 Agustus 2020, malam kepada Media Bhayangkara Utama mengatakan, “Dalam rangka menyongsong HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke – 75 Tahun 2020 ini, Pihaknya didukung penuh oleh pihak Kecamatan Ende dan Danramil 1602-01 Ende, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut hingga menyelenggarakan Apel untuk memperingati Detik – Detik Proklamasi RI yang bertempat di Halaman SDK Bu’u Be’i Desa Tinabani,” ungkap Kades Hendrik.

BACA JUGA :  Penanganan Covid-19 : Pemkab Lampung Utara Bangun Posko Terpadu

Lanjut Kades Hendrik, Bahwa, “Selain melaksanakan puncak kegiatan malam 17 Agustus dan Apel memperingati Detik – Detik Proklamasi 17 Agustus 2020, Pihaknya sudah melaksanakan kegiatan kerja bakti di Desa, Menyelenggarakan pertandingan Bola Volley antar RT sedesa Tinabani dan juga Desa tetangga yakni Desa Tendambonggi, Sejak tanggal 11 Agustus 2020,” ujar Hendrik.

Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende 3Sementara Ketua Karang Taruna Desa Tinabani, yang juga merupakan tokoh muda, Yohes Sado, mengatakan, “Kegiatan puncak Malam 17 Agustus, Seperti Pawai Obor, Api Unggun dan Pemutaran Film Layar Lebar tentang Perjuangan Kemerdekaan ini dilaksanakan, untuk menumbuh kembangkan kembali serta memupuk semangat Pemuda Pemudi Desa Tiabani terkait dengan budaya serta kebiasaan yang lama yang pernah dijalankan oleh orang – orang tua dahulu,” ujarnya.

“Bahwa biasanya ketika malam 17 Agustus selalu diadakan kegiatan serupa yakni, Pawai Obor keliling kampung, Api Unggun dan Pemutaran Film Perjuangan Kemerdekaan. Dan saat ini saya melihatnya bahwa hal serupa sepertinya sudah tenggelam dan hilang ditelan waktu. Kegiatan – kagiatan itu telah ditiadakan dan hilang dengan seiring perkembangan jaman dan era moderenisasi seperti saat ini,” ungkap Yohanes Sado.

Untukmu Indonesiaku Dari Tinabani Ende 4Seperti disaksikan Media ini, Warga masyarakat Desa Tinabani Antusias serta mendukung pelaksanaan kegiatan 17 Agustus. Warga tumpah ruah memadati lorong –  lorong kampung menyaksikan kegiatan Pawai Obor tersebut, Dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan, Meski Desa Tinabani dikategorikan Desa Aman terhadap Virus Corona. (Damianus Manans)