Beranda Bhayangkara POLRES BELITUNG GELAR KONFERENSI PERS TINDAK PIDANA PENCURIAN

POLRES BELITUNG GELAR KONFERENSI PERS TINDAK PIDANA PENCURIAN

173

BELITUNG – Polres Belitung Menggelar Konferensi Pers dengan Awak Media Massa tentang kasus Tindak Pidana pencurian 13 Laptop di SMKN 1 Tanjungpandan.
yang dipimpin langsung oleh Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono S,S.IK, MH. Di lobi Mapolres Belitung (11-03-2020)

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Pejabat Utama Polres Belitung serta wartawan dari berbagai Media, dalam Konferensi Persnya Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono S,S.IK, MH. yang dampingi oleh KabagOps KOMPOL Feri Arnadi dan Kasat Reskrim AKP Erwan Yudha Perkasa, SH, S.IK.

Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono S,S.IK,MH. Dalam Konferensi Pers menyampaikan tentang Kronologi penangkapan pelaku 4 Orang yang melakukan Tindak Pidana pencurian 13 laptop di SMKN 1 Tanjungpandan pada Sabtu (07/03/2020).

“Keempat pelaku pencurian tersebut bernama Renopati alias Ucil warga asal Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, yang mana ia seorang residivis tahun 2018. Pelaku kedua bernama Sastra Wijaya yang merupakan kakak kandung dari Renopati, dan juga merupakan Residivis kasus pencurian Tahun 2018.

“Pelaku yang ke Tiga bernama La Ode Asrudin Warga asal Parit Tiga Bangka Barat merupakan Residivis pencurian Tahun 2017. Pelaku ke Empat yakni Dedi Mesrah warga asal Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, yang juga seorang Residivis Tahun 2016.” Ujar Kapolres.

“Dua dari Empat pelaku Tindak Pidana pencurian 13 Laptop di SMKN 1 Tanjungpandan terpaksa dihadiahi timah panas oleh Tim Reskrim Polres Belitung.

“Hadiah tersebut diberikan lantaran dari Dua Pelaku tersebut yakni La Ode Asrudin dan Renopati sempat ingin memberikan perlawanan terhadap Tim Reskrim yang ingin mengamankannya.” Ujar Kapolres.

Kapolres Belitung kembali mengatakan dalam Kronologis Pelaku melakukan aksi pencurian pada (02/03/2020) kemaren.

“Para pelaku melakukan aksinya dengan melompati pagar SMKN 1 Tanjungpandan kemudian memasuki gedung kantor SMKN 1 Tanjungpandan dengan merusak pintu serta kunci gembok dengan menggunakan linggis.

BACA JUGA :  Hj. Nur Endah Sulastri, S.Pd., M.M Hadiri Kegiatan Berbagi Kasih 

“Setelah berhasil masuk kedalam, para pelaku menggeledah dan berhasil mengambil 13 unit Laptop di mana 9 diantaranya masih baru dan Empatnya sudah pernah terpakai.” Terang Kapolres.

“Para aksi pelaku ini terbongkar dimana ada kasus pencurian di sebuah toko baju di Desa Aik Ketekok, kemudian Tim Reskrim yang mendapatkan Informasi tersebut langsung melakukan penyelidikan. Ternyata aksi kali ini juga dilakukan beberapa dari mereka.

“Tersangka La Ode dan Sastra ditangkap saat ingin mengembalikan mobil rental yang di pergunakan untuk aksinya di Daerah Perumnas, kemudian tersangka Sastra ditangkap tanpa perlawanan.” Ucapnya.

“Para keempat pelaku atas Kasus Pidana tersebut dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 3, 4 dan 5 KUHP. Dengan ancaman paling lama Sembilan Tahun penjara.

“Dan untuk barang bukti selain 13 laptop lengkap dengan tas, polisi juga mengamankan sebuah 1 unit Mobil Honda Brio, 1 Unit Sepeda Motor, 3 kuku kambing, pakaian yang digunakan pelaku, kunci-kunci gembok yang dirusak, serta 1 pisau dapur.