Beranda Daerah Nagari Cupak Sandang Predikat Nagari Mandiri

Nagari Cupak Sandang Predikat Nagari Mandiri

185
Cupak
Fatmi Bahar Dt. Tuo, Wali Nagari Cupak saat memberikan kata sambutan pada Lomba Bintang Qasidah, Senin (10/05/2021)

Wali Nagari Cupak, Fatmi Bahar Dt. Tuo saat menghadiri Lomba Bintang Qasidah di Mushalla Hidayatul Iman, Jorong Tangah Padang di penghujung Bulan Ramadhan 1442 H menyampaikan , bahwa saat ini Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok sandang predikat Nagari Mandiri, Senin (10/05/2021) lalu. 

Kab. Solok, Sumbar  | Pada kesempatan tersebut Fatmi Bahar juga menyampaikan rasa kagumnya terhadap antusiasme peserta lomba dan masyarakat yang menyaksikan perlombaan tersebut.

“Saya tidak menyangka ternyata begitu tinggi antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini, untuk itu nanti Pemerintah Nagari Cupak akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Majelis Ulama Nagari agar kegiatan ini lebih terakomodir ke depannya,” ungkap Fatmi Bahar, Senin (10/05/2021).

Lebih lanjut Wali Nagari Cupak, Fatmi Bahar Dt. Tuo menyampaikan bahwa saat ini Nagari Cupak sudah menjadi salah satu Nagari (Desa, red) yang menyandang status Nagari Mandiri. Sehingga untuk pembangunan akan di minimalisir karena saat menyandang status sebagai sebuah Nagari yang mandiri kedepannya akan lebih banyak ke arah pembinaan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Nagari Cupak sampai saat ini masih tetap berinovasi dalam pengembangan dan telah me launching aplikasi Layanan Mandiri Nagari Cupak dan Website Nagari Cupak yang dapat di download di Google PlayStore.

“Untuk pelayanan administrasi Nagari Cupak, saat ini masyarakat sudah bisa mengakses melalui HP Android masing-masing sehingga tidak harus datang ke Kantor Wali Nagari, tentunya dengan mengikuti mekanisme dan prosedur yang ada untuk lebih memangkas waktu birokrasi,” sampainya.

nagari
Jon Cupak, Ketua Pokdarwis Cupak Pusako

Ketua Kelompok Sadar Wisata Cupak Pusako, Joni Oktavianus yang pada kesempatan tersebut turut hadir menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Nagari Cupak yang memanfaatkan tekhnologi di era digitalisasi ini dibawah kepemimpinan Fatmi Bahar Dt. Tuo.

BACA JUGA :  POLISI BERHASIL BEKUK 3 PELAKU PEMBOBOL SEKOLAH SMK, 13 LEPTOP BERHASIL DIAMANKAN

Pria yang akrab disapa Jon Cupak tersebut mengungkapkan capaian ini tentu tidak lepas dari peran serta seluruh jajaran Pemerintahan Nagari Cupak beserta seluruh elemen masyarakat yang ada.

“Ini merupakan sebuah bukti kekompakan masyarakat Nagari Cupak bersama Pemerintah Nagari Cupak sehingga menorehkan prestasi yang tidak bisa dipandang enteng dalam upaya pencapaiannya, semoga ke depannya Nagari Cupak yang kita cintai ini semakin harum namanya ke berbagai belahan dunia,” ungkap Jon Cupak.

“Selaku penggiat wisata, Pokdarwis Cupak Pusako siap untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata Nagari Cupak yang mempunyai potensi tinggi baik wisata alam maupun wisata lainnya, perlombaan ini merupakan salah satu potensi wisata religi dan hiburan yang bisa kita promosikan, selain itu juga menjadi sebuah ajang pencarian bakat anak-anak kita,” ungkapnya.

Perlombaan yang diikuti lebih kurang 15 peserta tersebut berjalan dengan meriah dan berlangsung hingga menjelang waktu sahur. Amrizal, Kepala Jorong Tangah Padang pun mengucapkan terima kasih atas kesigapan para panitia yang mempersiapkan perlombaan tersebut.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses,” ujar Amrizal.

nagari
Muhammad Agra Matenas, Ketua Panitia Lomba Bintang Qasidah Tingkat Nagari Cupak

Ketua Panitia, Muhammad Agra Matenas dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen dan unsur yang telah mendukung acara tersebut hingga bisa terlaksana dengan baik. Perlombaan berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.