Beranda Daerah DUGAAN PENYELEWENGAN DANA DESA,TOKOH PEMUDA SELAT NASIK ANGKAT BICARA

DUGAAN PENYELEWENGAN DANA DESA,TOKOH PEMUDA SELAT NASIK ANGKAT BICARA

835

BELITUNG – Dugaan penyelewengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Selat Nasik Kabupaten Belitung mulai mengemuka di publik.

Seharusnya dana Desa bisa dikelola secara profesional, agar anggaran yang diterima tidak sia-sia dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, sehingga dapat membatu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Saat dikonfirmasi via whatsapp, Sabtu (14/3), Pejabat Sementara (Pjs) Desa Selat Nasik Ariyansyah, membenarkan dugaan tersebut dan berkasnya sudah diserahkan ke Inspektorat dan sedang dalam proses pendalaman,” katanya

Jasman SE salah satu tokoh pemuda dari Selat Nasik, meminta kepada yang terhormat Inspektorat Kabupaten Belitung segera dan secepatnya lakukan audit terhadap mantan Kepala Desa Joni Arsyah dan Perangkat Desa Selat Nasik.

Dugaan penyelewengan dana itu mengenai APBDes 2019 di Desa Selat Nasik sekitar Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta) APBDes tahun 2019 yang disangkakan belum jelas kemana larinya uang rakyat tersebut.

“Mintanya kepada Inspektorat ditelusuri juga APBDes tahun-tahun sebelumnya, mulai dari masa menjabatnya Kades jangan sampai ada yang kecolongan, mungkin saja Kades dan perangkatnya telah lama melakukan penyelewengan maupun penyimpangan terhadap penggunaan uang rakyat untuk kepentingan pribadi maupun kelompok,” tegasnya.

“Bila ditemukan unsur pidana dan perdata sebaiknya Inspektorat segera laporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung untuk diproses lebih lanjut.”

Ia jelaskan dalam hal ini jangan ada kompromi mengenai dugaan penyelewengan uang rakyat tersebut, bila bersalah seret ke penjara biar timbulkan efek jera bagi pelaku,” tutup Jasman.(sumber MB)

BACA JUGA :  POLRES BELITUNG GELAR KONFERENSI PERS TINDAK PIDANA PENCURIAN